Uncategorized

Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri, SMKN 2 Pinrang Siapkan Siswa untuk Kerja di Dunia Industri di Luar Negeri

SMK Negeri 2 Pinrang melaksanakan sosialisasi mengenai dunia kerja ke luar negeri yaitu Polandia, Jepang, dan Arab. Sosialisasi ini diwakili Ahmad Faisol Direktur PT. Timur Raya Jaya Lestari merupakan tim yang memberikan sosialisasi mengenai bursa kerja yang ada di Arab Saudi, tim sosialisasi bursa kerja di Jepang dan Polandia diwakili oleh Direktur Multi Lintas Buana Raya, Budiawan Tahyar yang dilaksanakan di E-Dotel SMK Negeri 2 Pinrang pada hari Jumat pagi (18/2 2022). Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala Cabang Dinas Wilayah X, Baharuddin Iskandar, Kasi SMK Cabdis Wilayah X Muh. Hayat NT, Pengawa SMK Hj. A. Titin, kepala UPT SMK Negeri 2 Pinrang, Syamsuar dan beberapa perwakilan yang diutus langsung dari Sekolah SMK maupun SMA yang ada di Kab. Pinrang. Bekerja ke luar negeri bukan lagi merupakan hal yang tabu atau menakutkan bagi individu yang ingin bekerja di luar. Karena pada dasaranya pemerintah telah membentuk sebuah badan perlindungan pekerja migran Indonesia (BP2MI) yang mana bertugas untuk menjamin keselamatan para warga Indonesia yang bekerja di luar negeri termasuk di Polandia, Jepang dan Arab Saudi.

“Dari segi perlindungan kami akan kawal, begitu juga segi pemrosesan kami akan kawal dan pihak eksekutornya ada di pihak perusahaan ini. Berbagai Tenaga Pemantau telah kita tempatkan di beberapa negara yang dituju untuk mengontrol permasalahan-permasalahan para pekerja Indonesia yang ada di sana,” tutur Samsi Alang (Kepala Layanan Satu Atap Pekerja Migran Indonesia).

Adanya kegiatan ini sangat dilandasi oleh kenyataan bahwa lapangan pekerjaan yang ada di luar negeri sangat terbuka lebar. Selain itu gaji yang ditawarkan tidak sedikit yaitu bisa sampai 22.000.000 per bulannya. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dijelaskan berbagai peluang kerja yang tersedia di Jepang dan bagi para pekerja yang ingin melanjutkan pendidikannya dapat melakukan kerja part time atau kerja paruh waktu setelah pelajaran di kampus selesai. Terlaksananya kegiatan ini tentu saja tidak lepas dari dukungan kepala UPT SMK Negeri 2 Pinrang sehingga BKK SMK Negeri 2 Pinrang dapat terus melakukan upaya-upaya salah satunya memberikan informasi kepada siswa-siswi terkait dengan bursa kerja yang ada di dalam maupun luar negeri. “Adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak kita dapat mendapat wawasan atau informasi kerja tidak hanya di dalam negeri tapi juga diluar negeri,” tutur Syamsuar. (18/2/22)

Show More

DR. Syamsi Alang, MM

Suara Thibbun Nabawi | Suara Rakyat | Suara Pemersatu Bangsa

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close